Puting Beliung Rusak 324 Rumah dan Banjir Rendam 555 Rumah Warga di Palopo

Puting Beliung Rusak 324 Rumah dan Banjir Rendam 555 Rumah Warga di Palopo
(Foto : KabarLuwu.com/Abdi Manaf).

KabarLuwu.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palopo mencatat data resmi akibat hujan lebat dan angin kencang.

Berdasarkan data kerusakan di Kecamatan Wara ada 100 rumah yang rusak, dan 12 rumah ibadah. Untuk Kecamatan Wara Barat 2 rumah, Wara Timur 141 rumah, Wara Selatan 18 Rumah, Mungkajang 22 rumah, Wara Utara 30 rumah, Sendana 8 rumah, dan Bara 3 rumah.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Palopo Antonius Dengen mengatakan bahwa menghadapi masalah yang terjadi akibat angin kencang dan hujan deras di beberapa Kecamatan di Kota Palopo.

“Setelah kami melakukan pendataan dilapangan terdapat 324 rumah warga yang parah dan rusak ringan serta yang rusak angin puting beliung yang tersebar wilayah Palopo,” kata Antonius, saat ditemui dirungan kerjanya. Minggu (21/10/21).

Ia menambahkan bahwa untuk data rumah warga yang mencegah banjir di Dua Kecamatan, terdapat 555 rumah.

“Di Telluwanua rumah yang mendirikan sebanyak 408 rumah dan Kecamatan Bara 147 rumah dan kita telah mengevakuasi kita ketempat yang lebih aman. Untuk bantuan kepada masyarakat, kami dari pihak BPBD Palopo, Satu atau dua hari kedepan kita akan melakukan penangannya,” tambahnya.

Lebih lanjut, Antonuis mengungkapkan bahwa tak hanya bencana banjir dan putting beliung juga terjadi longsor di Kelurahan Pentojangan, kecamatan Telluwanua.

“Di kelurahan Pentojangan terjadi longsor, sempat memutus akses jalan memutus akses penghubung Kelurahan Mancani – Pentojangan. Selain itu juga terjadi retakan di jembatan miring dibadan jalan sehingga jalan Trans Sulawesi Ditutup sementara,” tulisnya.

Tak hanya itu, kerusakan lainnya yang terjadi seperti tanggul di Kecamatan Wara Barat 10 titik dan juga pertanian pengairan di Wara Barat 12 titik serta puluhan hektar lahan masyarakat ikut terendam banjir.

Penulis : Abdi Manaf

Editor : Redaksi

Cek Fakta
CEK FAKTA LAINNYA