Pemkab Lutim Gelar Malam Ramah Tamah Penyambutan Tim Gempur Pustaka Sulsel

 Pemkab Lutim Gelar Malam Ramah Tamah Penyambutan Tim Gempur Pustaka Sulsel
(Foto : Ist).

KabarLuwu.com -- Malam ramah tamah penyambutan Tim Gempur Pustaka Provinsi Sulawesi Selatan oleh Pemerintah Kabupaten Luwu Timur  melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) berlangsung di depan Rumah Jabatan Bupati Luwu Timur, Senin (19/12). 

Sekretaris Daerah Lutim, Bahri Suli mewakili Bupati Luwu Timur, didampingi Ketua TP PKK Lutim, Hj. Sufriaty Budiman menyambut kedatangan Tim Gempur Pustaka yang dipimpin Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel, Mohammad Hasan.

Kabupaten Luwu Timur menjadi fokus pelaksanaan program Gempur Pustaka Tahun ini. Yang mana Gempur Pustaka sendiri merupakan inovasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan

Kegiatan Gempur Pustaka di Kabupaten Luwu Timur telah dimulai dengan berkumpulnya seluruh peserta Gempur Pustaka di Kota Palopo, kemudian bersama-sama munuju ke Kabupaten Luwu Utara dan berakhir di Kabupaten Luwu Timur.

Dalam Gempur Pustaka ini, mobil layanan Perpustakaan Keliling akan melakukan layanan ke 36 (tiga puluh enam) titik kunjungan atau roadshow ke sekolah-sekolah di wilayah Kecamatan Malili yang bertujuan untuk meningkatkan kegemaran membaca masyarakat di Kabupaten Luwu Timur.

Dihadapan Kepala DPK Provinsi Sulsel dan Kepala DPK se-Sulsel, beserta Tim Gempur Pustaka dipaparkan program-program prioritas Bupati Luwu Timur, H. Budiman yang tengah berjalan. Selain itu Sekda Lutim, H. Bahri Suli memaparkan letak geografis daerah berjuluk Bumi Batara Guru ini

“Diantaranya program Beasiswa kepada mahasiswa yang berasal dari Luwu Timur yang telah berjalan beberapa tahun, kemudian program layanan kesehatan yang sudah masuk UHC, selanjutnya 1 kamar 1 pasien dan layanan antar pulang pasien yang sudah sembuh langsung kerumahnya,” pungkasnya.

Menurutnya, salah satu program program unggulan yang mungkin baru Luwu Timur yang lakukan di Sulsel, yakni Bantuan Keuangan Khusus (BKK) 1 Miliar 1 desa diluar Dana Desa dan Alokasi Dana Desa yang mulai berjalan tahun ini.

“Inilah semua program-program yang dilakukan oleh pemerintah daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Karena kita berharap bahwa Kabupaten Luwu Timur dengan potensi yang ada bisa dikelola dengan baik dan masyarakatnya juga bisa lebih sejahtera,” bebernya.

Tidak hanya itu, ia juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala DPK Sulsel terkait kegiatan gempur pustaka, yang berkenan melaksanakan kegiatan Pengembangan Kegemaran Membaca ini dalam bentuk Gempur Pustaka di Kabupaten Luwu Timur dengan melibatkan unsur Layanan Perpustakaan se Provinsi Sulawesi Selatan.

“Besar harapan kami, kegiatan Gempur Pustaka ini dapat berlanjut dan berkesinambungan agar kualitas SDM masyarakat dapat meningkat dan tentunya dapat pula meningkatkan kesejahteraan sebagai wujud dari Transformasi Perpustakaan berbasis Inklusi Sosial,” jelasnya.

Penyerahan hadiah berupa Trhopy dan uang pembinaan  dilakukan diakhir acara kepada para juara lomba “Tertib Arsip Dinamis” tingkat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Lutim yakni Juara I Satpol PP, Juara II Kecamatan Mangkutana, Juara III Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dan Juara IV BPBD.

Selanjutnya untuk juara Tertib Arsip Dinamis tingkat Desa se-Kabupaten Luwu Timur ialah Juara I Desa Kalaena (Wotu), Juara II Desa Langkea Raya (Towuti), Juara III Desa Tabarano (Wasuponda), dan Juara IV Desa Watangpanua (Angkona), yang diserahkan Sekda Lutim, bersama Kepala DPK Sulsel dan Kepala DPK Lutim, Satri.

Terakhir penyerahan hadiah bagi Duta Baca Kabupaten Luwu Timur. Hadiah yang mereka terima berupa tabungan masing-masing Rp. 1 juta dari Bank Sulselbar yang diserahkan oleh Ketua TP PKK Lutim, Hj. Sufriaty dan Pimpinan Bank Sulselbar Cabang Malili, Idham Khaliq.

Penulis : Redaksi

Editor : Ardiyanti

Cek Fakta
CEK FAKTA LAINNYA