Event Promosi Pariwisata Terbesar Siap Dihelat di Masamba

Event Promosi Pariwisata Terbesar Siap Dihelat di Masamba
(Foto Int).

KabarLuwu.com -- Event pariwisata kembali siap dihelat di Kabupaten Luwu Utara pada 2023 mendatang. 

Event pariwisata kali ini disebut sebagai event terbesar di Luwu Utara dari dua kali pelaksanaan event pariwisata sejak 2021 yang lalu.

Diketahui, sejak 2021, Luwu Utara untuk pertama kali menggelar event pariwisata bertajuk Wonderfull Rongkong. Di mana event ini sukses besar. Berikutnya, pada 2022 tahun ini, juga digelar event pariwisata bertajuk Festival Bumi La Maranginang.

Mengingat event ini sudah masuk kalender pariwisata Pemda Luwu Utara yang digelar secara kontinyu setahun sekali, maka tahun depan, tahun 2023, akan dihelat kembali event pariwisata yang kali ini diberi tajuk Masamba Affair Festival (MAF) Tahun 2023.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Luwu Utara, Bulan Masagena, mengatakan bahwa perhelatan Masamba Affair Festival 2023 adalah event pariwisata terbesar di Kabupaten Luwu Utara, sejak 2021.

“Event ini merupakan event promosi pariwisata terbesar di Luwu Utara,” pungkasnya, Selasa (27/12).

Kenapa disebut terbesar, Bulan beralasan karena event MAF ini akan dikemas dengan berbagai kegiatan kepariwisataan, seni-budaya, dan olahraga. 

Beberapa di antaranya, Expo UMKM, Pagelaran Tari Sulsel, Carnaval Fashion Nusantara, dan Seminar Masamba Affair.

Ada pula kegiatan Teatrical Cerita Rakyat Masamba Affair, Napak Tilas, Live Painting, Festival Kuliner Khas Tana Luwu, Cross Country Mountain Bike, Masamba Affair Run 10K serta Fun Run, dan seabrek kegiatan lainnya, yang tentunya melibatkan partisipasi multipihak.

“Kita berharap event ini akan berdampak pula pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, memperkenalkan potensi dan nilai seni budaya daerah serta diharapkan mampu membuka peluang bisnis baru yang berkelanjutan bagi sektor industri pariwisata,” jelasnya.

Tidak hanya itu, ia juga berharap bahwa dengan event tahunan ini, pariwisata Luwu Utara makin bergairah, yang pada akhirnya akan meningkatkan nilai ekonomi masyarakat Kabupaten Luwu Utara, sehingga Luwu Utara betul-betul bangkit pasca-bencana yang lalu.

“Event ini juga sekaligus sebagai upaya pemerintah daerah dalam menghidupkan pariwisata, meningkatkan nilai ekonomi serta meningkatkan pajak penghasilan melalui peningkatan daya kunjung hotel, rumah makan dan restaurant,” tandasnya. 

Masamba Affair Festival rencananya akan dilaksanakan pada 10-14 Mei 2023 mendatang di kota Masamba.

Penulis : Redaksi

Editor : Ardiyanti

Cek Fakta
CEK FAKTA LAINNYA