Mampu Tampung Hingga 70 Pedagang, Pasar Rakyat Tarue Diresmikan

Mampu Tampung Hingga 70 Pedagang, Pasar Rakyat Tarue Diresmikan
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani saat meresmikan Pasar Rakyat Tarue, Minggu, (08/01). (Foto: Ist).

KabarLuwu.com -- Miliki daya tampung hingga 70 Pedagang, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani meresmikan Pasar Rakyat Tarue, Minggu, (08/01).

Diketahui, pasar yang dibangun melalui dana TP (Tugas Pembantuan) Kementerian Perdagangan RI Tahun Anggaran 2022 ini dapat menampung 18 pedagang kios dan 52 pedagang los.

"Alhamdulillah 2 tahun berturut-turut di awal tahun saya manfaatkan untuk meresmikan pasar yang sumber pembiayaannya dari dana TP Kementerian Perdagangan yang kita selesaikan lebih awal," kata  Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani saat menyampaikan sambutan usai meresmikan pasar tersebut.

Ia berharap, dengan dimanfaatkannya pasar tersebut, aktivitas pedagang dan pembeli bisa lebih sehat dan bisa bersaing dengan retail modern.
 
"Yang paling penting adalah pasar itu bersih dan sehat. Saya berharap pasar ini dapat segera difungsikan karena target kita Januari ini sudah bisa digunakan serta segera dimanfaatkan dan saya titip dipastikan pemanfaatan dapat berjalan dengan baik, juga dipelihara karena bangunan sebagus apapun jika tidak dipelihara maka masa pakainya akan lebih singkat," pesannya.

Ia mengatakan, tahun depan Pemda mendapat alokasi anggaran untuk pengembangan Pasar Rakyat Kecamatan Sukamaju dan Sukamaju Selatan.

"Untuk itu mohon jaga kondusifitas wilayah kita, sebab prasyarat pembangunan adalah keamanan daerah tersebut," harap Indah.

Terkait permodalan, Indah berharap para pedagang mengambil kesempatan untuk mengakses program pembiayaan UMi (Ultra Mikro). 

Program ini merupakan kerjasama Pemda dengan Pusat Investasi Pemerintah dengan menyediakan fasilitas pembiayaan maksimum Rp20 juta/debitur bagi usaha ultra mikro. Ini tanpa agunan karena Pemda memberi subsidi bunga 0%.

Sementara itu Plt Kadis DP2KUKM, Muh. Kasrum melaporkan kegiatan pemanfaatan pembangunan/revitalisasi Pasar Rakyat Tarue melalui dana Tugas Pembantuan (TP) Tahun Anggaran 2022, bertujuan untuk peningkatan perekonomian masyarakat, penciptaan lapangan kerja, dan pemberdayaan usaha mikro dan kecil.

"Dengan terbangunnya pasar rakyat ini dapat dimanfaatkan dengan baik serta dapat memberikan nilai tambah bagi perekonomian masyarakat Kecamatan Sabbang Selatan khususnya," pungkasnya.

Penulis : Redaksi

Editor : Herlin Sadid

Cek Fakta
CEK FAKTA LAINNYA